Membuat blog dengan Blogger bagi pemula

Tutorial Membuat blog dengan Blogger bagi pemula
Share it:

Apakah anda sudah sangat siap untuk membuat blog? kalo ya, mengapa tidak anda lakukan secepatnya..  buatlah blog dengan mudah dan cepat dengan Blogger, hanya dengan bermodal akun gmail anda anda sudah bisa mengakses Blogger untuk membuat blog anda, berikut beberapa langkah-langkah dalam membuat blog di Blogger


Memulai membuat akun blogger
Pastikan anda sudah mempunyai akun gmail.. lalu ketik pada browser favorit anda www.blogger.com seoerti tampak pada gambar dibawah ini. atau cepatnya anda bisa klik blogger.com


Lalu anda akan dibawa ke halaman homepage dari Blogger, dengan slogan publish your passions, your way, blogger mengajak kita untuk menulis tentang passion atau hoby kita kedalam sebuah blog dengan sesuatu yang indah..


Setelah anda menju kelhalaman homepage ini kemudian klik menu Sign In dikanan atas halaman atau dengan mengklik button Create Your Blog,  anda akan dibawa kehalaman login google anda, jika anda sudah punya tinggal isilah dengan akun google anda yang aktif..


Lalu loginlah dengan akun gmail anda, setelah anda login maka anda akan dibawa ke halaman awal dashboard blogger dan dipastikan anda sudah bisa membuat blog baru dengan memilih dan mengklik button New Blog untuk memulai..


Pada halaman Create New Blog,  anda isi judul blog baru anda dengan sesuai tema anda, passion, anda atau hoby anda, isi nama atau alamat  blog anda dan kemudian anda pilih tema atau tampilan blog yang anda suka, lalu klik tombol Buat Blog

 
perlu diketahui karena blog yang akan dibuat berada diblogger maka blog kita akan beralamat namablog.blogspot.com tetapi jika kita mengingkan nama yang lebih kustom sesuai dengan keinginan kita, blogger memberikan opsi untuk membeli domain sesuai dengan keinginan anda..


Opsi Pembelian Domain Name pada Blogger


Anda bisa men-skipnya dan melanjutkan nama blog anda berada dibawah subdomain blogspot..

Mengenal Dashboard Blogger
Tampilan Dashboard Blogger
Menu-menu dan fungsi pada dashboard Blogger:

Postingan
Adalah menu untuk mengolah artikel anda, anda bisa membuat artikel tau post baru lewat menu ini, anda bisa mengubah artikel atau menghapusnya dari menu ini.

Statistik
Berisi tentang informasi statistik artikel anda, seperti berapa banyak artikel anda dikunjungi user, anda juga dapat mengetahui dari negara mana user anda berada melaui menu ini.

Komentar
Berisikan setelan atau settingan komentar pada blog anda, apakah anda mengaktifkan komentar pada artikel anda, atau anda bisa menonaktifkan komentar artikel anda..

Penghasilan
Menu ini untuk memonetize blog anda dengan memasang iklan Adsense pada blog anda, anda bisa mendaftarkan blog anda untuk dipasang iklan dari Adsense sehingga anda akan mendapatkan uang dari blog anda.

Kampanye
Jika anda meginginkan blog anda dikenal banyak pengunjung anda bisa beriklan dengan Google Adwords secara mudah dengan menggunakan menu ini.

Laman
Adalah menu untuk membuat halaman blog, perlu diingat entri atau post berbeda dengan Halaman atau page, Laman atau halaman digunakan untuk mengentri halaman statis seperti about me, contact serta informasi lain..

Tata Letak
Tata letak berguna mengatur layout blog anda, jika anda ingin menarut widget facebook page pada blog anda anda bisa menambahkan widget pada menu ini..

Tema
Tema beriskan pilihan tema atau template kode untuk blog anda, jika anda ingin mengganti template blog anda, anda bisa menggunakan menu ini..

Setelan
Setelan adalah menu untuk menyeting blog anda, seperti memberi judul atau deskripsi blog anda, merubah nama atau alamat blog anda di menu ini..


Membuat Artikel Entri baru  
Perlu diingat karena penulis menggunakan bahasa indonesia pada dashboard blogger maka menu dan tombol akan berbahasa indonesia, jika anda hendak menganti bahasa anda bisa ke menu Setelan atau Setting..


Buatlah artkel pertama anda dengan mengklik button Entri Baru pada halaman dashboard, maka akan muncul halaman untuk menginput artikel anda..

Setelah anda berada dihalaman Entri Artikel seperti yang terlihat gambar dibawah ini, anda akan menemukan halaman Entri ini sedikit mirip dengan editor microsoft word atau tepatnya editor WYSIWYG (what you see is what you get) jadi bagi anda yang sudah terbiasa dengan microsoft word sudah pasti bisa menggunakan editor ini..

Tampilan WYSIWYG Post Artikel Blogger

Kemudian buat Artikel baru, beri judul sesuai dengan artikel yang akan anda buat, dalam hal ini kita akan membuat artikel dengan tema makanan yaitu Pizza dari Italia, beri image dari komputer anda atau anda bisa mengambil image dari photo stock yang gratis supaya tidak melanggar hak cipta..setelah itu saatnya anda muali menulis artikel anda sendiri, buat artikel sesuai dengan tulisan dan imaginasi anda sendiri sehingga tulisan itu akan unique sehingga akan berbobot..


Klik icon Image pada toolbar untuk memasukan image maka akan muncul dialog untuk memasukan image artikel.. image bisa berasal dari komputer anda dengan menguploadnya, dari arsip google album anda, dari url website atau dari arsip ponsel anda..


Klik Menu label pada sisi kanan editor untuk memberi label atau tag untuk artikel anda, masukan label atau tag sesuai isi artikel, label disini bisa dibilang group atau category artikel anda, sehingga anda nanti bisa mengelompokkan artikel anda berdasarkan label tersebut.. label boleh diisi lebih dari satu caranya dengan memberikan tanda koma setelan nama labelnya..



Klik tombol Publikasikan untuk mempublish artikel anda, setelah itu anda akan dibawah kehalaman Semua Postingan..


Untuk melihat entri yang baru anda buat sentuh judul artikel pada list kemudian akan muncul beberapa menu pilihan pilih menu Lihat seperti pada gambar..




Dan akhirnya anda telah berhasil membuat artikel pertama pada blog anda.. selamat inilah tampilan blog yang sudah kita buat..



Share it:

Blogging

Post A Comment:

0 comments: