Memulai membangun bisnis toko online bagi pemula

Memulai membangun bisnis toko online bagi pemula
Share it:



kita mungkin selalu berpikir ketika kita bisa menggunakan internet setiap hari, tetapi kita belum bisa memaksimalkan kelebihan ini untuk digunakan dalam berbisnis online. memang bagi sebagian orang internet hanya untuk menunjang pekerjaan dan hiburan keluarga..

tetapi jika kita banyak waktu luang mengapa tidak memulai untuk mencari sesuatu bisnis dengan bermodalkan internet dan laptop anda? salah satunya adalah membuat toko online dan memulai membangun bisnis toko online bagi pemula seperti elo..

untuk memulainya elo memang harus banyak belajar untuk menambah pengetahuan elo tentang toko online.. ada banyak di intenet panduan bagi para pemula untuk membangun berbisnis dengan berjualan online..

seenggak elo harus diki-dikit mengerti tentang memakai atau menggunakan aplikasi shopping online, dan mengerti sedikit cara membuat toko online personal/pribadi atau dengan meggunakan marketplace.. kita juga dituntut kudu tau juga ilmu internet marketingnya supaya toko online kite bisa berkembang dengan pesat.

berikut tips untuk membangun toko online bagi pemula

Menentukan Produk yang akan dijual

Sangat penting bila kita ingin berbisnis jualan di internet produk apa yang akan kita jual... pilihan yang terpenting adalah barang yang laku dan akan banyak di beli oleh masyarakat.. selanjutnya anda kaitan dengan hobby anda apakah produk itu berhubungan dengan yang anda sukai.. penting sekali jika produk dan hobby elo ada relasinya sebab akan menjadi pemacu semangat elo untuk membangunnya sehingga elo bisa memulai membangun bisnis toko online.. seperti kite ketahui berjualan itu memerlukan passion yang tinggi supaya tidak lekas putus asa.


Mencari supplier produk yang akan anda jual

Kalo kite ngga punya produk udah pasti kite ga bisa berjualan baik itu offline atau online.. untuk itu kite harus mulai mencari supplier tapi jangan supplier yang ga bener.. cari supplier yang sangat terpercaya dan fast renponse.. lalu gimana cara cari supplier yang handal.. jangan khawatir zaman sekarang sangat mudah mencari supplier.. elo main aja ke tokopedia elo cari disana dengan menggunakan filternya pasti elo akan nemu masukkan calon supplier elo.. elo filter deh waktu elo cari produk di tokopedia, cari yang gold merchant, paling bagus responsenya, paling tinggi rating bintangnya...

Contoh Filter Pencarian Suplier di tokopedia


Menentukan toko onlinenya

setelah elo dapet supplier maka elo harus siapin toko online elo, kalo elo awam dengan koding dan pengen capat-cepat jualan elo bisa gelar lapak ditokopedia atau bukalpak dulu aja.. dari situ elo bisa belajar cara menyajikan produk-produk elo untuk dipasarkan, elo bisa tau cara kasih harga, kasih deskripsi, kasih jumlah kuantitas dan lain-lain sebagai latihan awal untuk jualan..

elo bisa klik ini https://burudul.blogspot.co.id/2017/01/daftar-situs-marketplace-indonesia-yang.html buat cari marketplace pilihan elo..

kalo elo mau langsung buka toko online pribadi langsung elo bisa coba instal-instal toko online gratisan elo bisa baca artikel ini https://burudul.blogspot.co.id/2017/01/daftar-toko-online-open-source-terbaik.html  elo bisa pilih disitu toko online yang bagus.. tapi sebelum elo instal elo coba beli dulu web hostingnya baca ini https://burudul.blogspot.co.id/2016/12/daftar-web-hosting-indonesia-buat.html.

tapi kalo elo mau toko online instant profesional, komplit dengan sistem pembayaran online elo bisa pake ini https://www.shopify.co.id/ emang sih berbayar tapi pasti elo lebih confident kalo pake ini, senyaman elo jualan di marketplace tapi yang ini typenya personal website..

ane juga sedian nih layanan instal template toko online kali aje elo tertarik dan elo bisa memulai membangun bisnis toko online elo sendiri...

salah satu template untuk toko online fashion, cocok untuk toko online personal anda

Luangkan waktu secara rutin untuk online

Setelah itu punya toko online, mungkin sama seperti anak, harus elo urus dengan baik, sediakan waktu setiap harinya untuk rutin online.. update atau upload produk baru yang belum ada di toko online elo.. elo balas komentar atau pertanyaan calon pembeli elo dengan response cepat sehingga interkasi bisa berjalan dengan baik..

Memulai memasarkannya

udah punya toko online dan sudah rutin mengurusnya terus apa lagi ya..
yang pastinya elo harus bisa memasarkannya, minimal elo bilang ketemen-temen elo kalo elo jualan produk dan punya toko online, cara yang paling simple adalah dengan kontak facebook, twitter, instagram atau whatsapp elo, khusus social media pasti lebih gampang, misal elo bisa sharing link produk yang elo jual ke timeline elo, otomatis temen-temen elo pasti ngeliat tuh..

untuk toko online elo yang bukan dimarketplace usahakan elo pasang tool-tool yang mudah untuk sharing social media, pasang tool untuk meningkatkan hasil pencarian toko online elo disearch engine, optimasikan SEO toko online elo...

Memasarkan lewat paid ads dan search engine marketing google


dalam memasarkan kite juga butuh ilmu internet marketing, jadi elo seenggaknya ngerti dikit dulu aja untuk memulainya.. minimal elo bisa sedikit tahu tentang Search Engine Optimazation, elo juga harus ngerti apa itu paid search engine, apa itu paid advertising..  elo bisa gunakan google adwords untuk beriklan di hasil pencarian google, elo bisa pasang di facebook ads untuk iklan di facebook.. memang ada biaya untuk cara ini, elo harus bijak juga waktu belanjain untk iklan toko online elo..

Membuat roadmap dan review 

Kalo semua udah muali berjalan stabil elo bisa bikin roadmap kedepannya.. kenapa road baru sekarang? kalo dari awal nanti bikin ribet kali ye.. itu cuma pemikiran ane aja supaya cepat take action daripada rodamap didepan bikin penghalang action untuk memulai membangun bisnis toko online impian elo..

elo mulai buat roadmap dalam 3 bulan kedepan dengan review setiap minggunya.. roadmap bisa berisi action plan elo per minggu atau perbulan.. usahakan tiap minggu atau bulan elo punya target, sehingga elo bisa memperlajari karakter toko online elo.. sedangkan hasil dari roadmap 3 bulan kedepan bisa elo jadikan acuan keputusan tentang toko online elo.. kalo ternyata roadmap elo membuat toko online elo berkembang elo bisa lanjutkan ke roadmap yang lebih besar lagi..
















Share it:

ecommerce

Post A Comment:

0 comments: