Mengenal Cpanel pada web hosting

Artikel Mengenal Cpanel pada web hosting
Share it:

Cpanel adalah sebuah control panel web hosting pada linux dengan tampilan grafis dan tool-tool yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah webiste.. dibuat untuk memudahkan dalam merawat web server, tanpa harus paham dengan command prompt atau terminal shell script pada linux..

supaya dapat memakai cpanel ini seenggaknya elo harus sedikit paham cpanel kalo mau utak atik website pribadi elo, sehingga elo bisa ngurus website elo sendiri..

meskipun saat ini perkembagan pembuatan website sudah berubah dari yang tradisional sistem upload file menjadi sistem yang serba aotomatis, tetapi mengenal cpanel tidak ada salahnya untuk para pemula yang ingin belajar membangun website.

seperti diketahui para web developer lebih senang dengan cloud computing, menginstall web server sendiri, memasang software server sendiri sesuai kebutuhan, sehingga environment development sama dengan environment production.. tanpa menggunakan sistem upload untuk mendeploynya..

bagi kite-kite yang awam cukup pake cpanel saja untuk membuat website personal atau toko online kite..

Gambar dibawah adalah screenshot umumnya Cpanel versi lama, untuk versi baru graphis agak berbeda tetapi isinya tidak jauh berbeda..





sebelum masuk ke cpanel elo harus login dulu melalui browser,
kalo elo abis beli web hosting dan domain elo bakalan dikasih link untuk login ke cpanel website elo, disertakan juga username dan passwordnya:

elo ketik dibrowser alamat cpanel elo misal :
acak-adul.co/cpanel
maka akan muncul login form:



 elo isi deh sama username dan password elo..

berikut beberapa menu yang sering dipakai di cpanel

Files

Bagian Menu Files di cPanel mencakup tool-tool berikut :
Backup, Backup Wizard, Legacy File Manager, File Manager, akun FTP, FTP Connections, Disk Usage, Web Disk, Images

File Manager
File Manager berfungsi semacam windows explorer pada sistem operasi windows, diisitu elo bisa bikin folder, bikin file, delete files dan download atau upload file ke web hosting elo...


Tampliam File Manager di Cpanel


Biasanya file-file web elo diupload dibawah folder public html atau di WWW, jadi elo bisa upload misal index.html under folder public html maka tampilan website elo akan sepertinya ada di index.html / index.php




Database
Database berguna untuk membuat, menambah atau mengolah akun database anda... perlu di ingat biasanya software databasenya adalah MySql, jadi minimal elo udah pernah tau itu..

elo harus buat dulu akun database elu menngunakan menu MySql Databases, klik iconnya untuk membuat database dan akun user database elo..


setelah elo buat elo bisa gunain phpMyAdmin untuk melihat dan mengolah database website elo, kalo elo mau bikin website dinamis menggunakan php dan mysql seperti kebanyakan aplikasi toko online open source seperti prestashop, woocomerece, magento, opencart.

Tampilan Aplikasi phpMyadmin


Domains
Domains berisikan menu-menu Site Publisher, Addon Domains, Subdomains Aliases, Redirects,, Simple Zone Editor, Advanced Zone Editor

Email
Menu Email berisikan Email Accounts, Forwarders, MX Entry, Autoresponders, Default Address, Mailing Lists

Membuat Email baru untuk akun web hosting :
Pilih icon Email Accounts lalu akan muncul form wizard untuk membuat email akun sesuai nama domain elo.. berikut screenshotnya:



Softaculous Apps Installer
Menu Softaculous Apps Installer berisikan installer web app seperti CMS, Toko online dan aplikasi web lainnya..


Di menu inilah elo bisa install toko online elo dengan mudah..
elo bisa baca artikel ini untuk instal prestashop di capnel https://burudul.blogspot.co.id/2017/01/cara-install-presta-shop-di-cpanel-dengan-softaculous.html

Share it:

ecommerce

Post A Comment:

0 comments: